Monday 22 December 2014

Tutorial Cara Menjilid Bagi Pemula

By. http://caramenjilid.blogspot.co.id

Hai teman - teman, kali ini saya akan berbagi pengalaman dan ilmu dengan anda khususnya bagi anda para pengusaha photo copy yang masih pemula dan belum bisa menjilid.

Sebelum saya membahas lebih jauh tentang tutorial cara menjilid bagi pemula ini, saya harap anda terlebih dahulu sudah mengetahui jenis - jenis jilidan nya.

Ada beberapa jenis jilidan yang umum yang biasa di pakai di usaha photo copy, diantaranya :
  1. Jilid lakban
  2. jilid spiral plastik ( ring plastik )
  3. Jilid spiral kawat ( ring kawat )
  4. jilid soft cover
  5. jilid hard cover
  6. jilid dengan jahitan
saya asumsikan bahwa anda semua minimal sudah mengetahui jenis dan bentuk dari tiap - tiap jilidan tersebut ya...

CATATAN.
Tidak semua jilidan bisa di kerjakan secara manual, ada beberapa jilidan yang mau tidak mau harus menggunakan alat / mesin jilid, contohnya adalah jilid spiral. untuk tutorialnya silahkan klik di sini

contoh mesin jilid spiral plastik adalah seperti gambar di bawah ini :
contoh mesin jilid spiral kawat adalah seperti gambar di bawah ini :
sedangkan untuk menjilid lakban dengan ketebalan di bawah 30 lembar saya rasa masih bisa menggunakan cara menual yaitu cukup dengan pisau kater untuk meratakan sisinya.

terus ada beberapa teman yang bertanya kepada saya bagaimana cara menjilid soft cover tetapi tanpa menggunakan mesin lem panas, apakah bisa dengan cara manual ?  jawaban saya adalah BISA.

lantas bagaimana caranya ?
tinggal kita ganti aja yang tadinya posisi samping yang untuk lem, kita ganti dengan steples. jadi kita steples aja bagian punggung buku tersebut, toh sama rapih nya bahkan lebih kuat dan awet malahan.

jadi intinya kita di awal sebelum perlengkapan kita lengkap jangan di pusingkan dulu dengan hal - hal teknis, jangan sampai orderan jilid anda terbuang karena harus nunggu sempurna dulu, sembari berjalannya waktu jika anda sudah punya modal cukup baru anda beli tuh mesin lem panas.

dan jika anda ingin belajar menjilid semua jenis jilidan dengan saya, anda bisa menlihatnya di sini



 

No comments:

Post a Comment