Saturday 4 October 2014

Cara Membuat Kliping Sendiri

By. www.carajilid.com

Hai teman - teman, Kali ini saya akan berbagi share dengan anda semua tentang cara membuat kliping.

Mungkin bagi para master yang sudah terbiasa menjilid, ini sudah jadi hal biasa saja tanpa ada maslah yang berarti. Namun bagi sebagian orang mereka mengalami kesulitan dalam proses membuat kliping ini.

Sebagai praktisi penjilid di kota Bandung, saya memang banyak menerima order yang ingin di buatkan jilid kliping mereka, entah apa alasan mereka berbondong - bondong ke tampat saya hanya untuk menjilid kliping.

Padahal kalau saja anda tahu prosesnya, anda akan bilang " ternyata mudah ya menjilid kliping sendiri ".

Dan khusus untuk kali ini saya akan membongkar rahasianya untuk anda, tujuannya hanya ingin berbagi ilmu dengan anda tentang cara menjilid kliping sendiri, di rumah anda sendiri, dengan peralatan yang sangat sederhana yang bisa anda kerjakan sendiri tanpa harus repot - repot pergi ke photo copy an untuk menjilid.

Coba anda bayangkan jika hanya untuk menjilid sebuah kliping, waktu di kumpulkan tugas anda sudah mepet, mana  malam - malam lagi, tukang jilid nya sudah tutup, anda mau kemana coba ???
apalagi tugas kliping anda harus di kumpulkan besok pagi nya, aduh jangan sampe deh....

Maka dari itu saya akan memberitahu cara membuat kliping sendiri yang bisa anda kerjakan di rumah anda.

Oke kita langsung praktek ya, Catat baik - baik ya...
Peralatan yang anda perlukan untuk menjilid adalah
  1. Penggaris Besi dengan panjang 50 cm
  2. Pisau kater ( ujungnya harus tajam )
  3. Meja dengan atasannya kaca atau keramik, naum jika anda tidak punya anda bisa menggunakan keramik lantai anda.
  4. Steples ( untuk kliping yang tipis bisa gunakan steples yang kecil  )
  5. Lakban Hitam
Sedangkan untuk bahan untuk membuat kliping adalah :
  1. Cover depan ( bisa menggunakan plastik mica atau kertas buffalo )
  2. Cover belakang ( di sesuaikan dengan selera anda )
  3. Kata pengantar
  4. Daftar isi
  5. Isi kliping
  6. Penutup
Langkah pertama adalah anda susun dulu urutan kliping anda, kemudian rapihkan dan posisi semua bahan yang akan di kliping.

Setelah itu sekarang anda steples di sisi sebalah kiri dari jilidan anda.
Setelah di steples sekarang anda harus meratakan hasil steplesnya tersebut dengan cara di pukul dengan palu kecil atau benda keras yang lain dengan tujuan agar bekas steples tidak menonjol keluar.
Kemudian serit / iris / ratakan di bagian sisi - sisi nya dengan menggunakan kater, jangan terlalu lebar ya kira - kira 2mm lah.
setelah semuanya di ratakan dengan kater, sekarang anda tinggal beri tanda di sisi bagian yang ada steples tadi dengan jarak 1,5 cm. hal ini tujuannya hanya untuk memberi tanda posisi untuk menaruh lakban hitam supaya lurus dan rapih.
Sekarang tinggal lakban aja pas di tanda yang tadi, dan ratakan, kemudian rapihkan.

Beressss....

Nb.
Maaf tidak menampilkan photo pembelajarannya, di karenakan saya menulis ini tidak di tempat kerja saya, namu walaupun hanya berbentuk tulisan semoga anda mempunyai gambaran tentang cara membuat kliping sendiri.

Di situs berbayar saya, saya membuat ebook tentang panduan cara menjilid bagi pemula setebal 51 halaman dan di lengkapi dengan gambar dan keterangannya, dan di tambah lagi dengan 3 ebook gratis nya yang lain.

bagi anda yang ingin belajar dengan saya bisa kunjungi situs saya www.carajilid.com

sekian dulu dari saya, semoga artikel ini bermanfaat,dan selamat praktek ya..

By. Ardi Herdiana

No comments:

Post a Comment